Pengaruh Narkoba bagi kesehatan Manusia

29 November 2009 at 12:35 23 komentar

Photobucket

Penyalahgunaan narkotika, psykotropika dan minuman keras pada umumnya disebabkan karena zat-zat tersebut menjanjikan sesuatu yang dapat memberikan rasa kenikmatan, kenyamanan, kesenangan dan ketenangan, walaupun hal itu sebenarnya hanya dirasakan secara semu(bukan yang sesungguhnya).

Penyebab terjadinya penyalahgunaan narkoba ada beberapa faktor yaitu:

1. Lingkungan sosial
*Motif ingin tahu: di masa remaja seseorang lazim mempunyai rasa ingin tahu, kemudian ingin mencoba seperti apa rasa narkotika, psykotropika, minuman keras atau bahan berbahaya lainnya.
*Adanya kesempatan: karena orang tua sibuk dengan kegiatannya masing-masing, mungkin juga karena kurangnya rasa kasih sayang dari keluarga atau akibat broken home.
*Sarana dan prasarana: karena orang tua memberikan fasilitas (uang) yang berlebihan, ini merupakan sebuah pemicu bagi anak untuk menyalahgunakan uang tersebut dengan membeli narkotika guna memuaskan rasa keingintahuan mereka.

2. Kepribadian

*Rendah diri : perasaan rendah diri di dalam pergaulan di masayarakat ataupun di lingkungan sekolah, kerja dsb, lalu mereka mengatasi masalah tersebut dengan cara menyalahgunakan narkotik, psykotropika maupun minuman keras yang dilakukan untuk menutupi kekurangannya sehingga mereka memperoleh apa yang diinginkan seperti rasa percaya diri, rasa senang, rasa nyaman dan lain-lain.
*Emosional dan mental : Pada masa-masa ini biasanya mereka ingin lepas dari segala aturan-aturan dari orang tua mereka. Dan akhirnya sebagai tempat pelarian yaitu dengan menggunakan narkotik, psikotropika dan minuman keras lainnya. Lemahnya mental seseorang akan lebih mudah dipengaruhi oleh perbuatan-perbuatan negatif yang akhirnya menjurus ke arah penggunaan narkotik, psikotropika dan minuman keras lainnya.
3.Lemahnya Keimanan seseorang, sehingga dengan mudah mereka melanggar norma-norma Agama, mereka lupa bahwa semua amal perbuatan manusia nantinya akan dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan.

Efek samping penyalahgunaan narkoba pada organ tubuh manusia antara lain:

HIV/AIDS, Hepatitis dan Beberapa Penyakit Menular Lainnya yang sangat mematikan.

• Penyalahgunaan narkoba tidak hanya melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang, tetapi hal itu juga kerap dikaitkan dengan berbagai perilaku berbahaya seperti pemakaian jarum suntik secara bergantian, dan perilaku seks bebas. Kombinasi dari keduanya akan sangat berpotensi meningkatkan resiko tertular penyakit HIV/AIDS, hepatitis, dan beragam penyakit infeksi lainnya. Perilaku berbahaya tersebut biasanya berlaku bagi penggunaan narkoba berjenis heroin, kokain, steroid, dan methamphetamin.

Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

• Para peneliti telah menemukan semacam korelasi antara penyalahgunaan narkoba (dalam berbagai frekuensi penggunaan) dengan kerusakan fungsi jantung, mulai dari detak jantung yang abnormal sampai dengan serangan jantung. Penyuntikan zat-zat psikotropika juga dapat menyebabkan kolapsnya saluran vena, serta resiko masuknya bakteri lewat pembuluh darah dan klep jantung. Beberapa jenis narkoba yang dapat merusak kinerja sistem jantung antara lain kokain, heroin, inhalan, ketamin, LSD, mariyuana, MDMA, methamphetamin, nikotin, PCP, dan steroid.

Penyakit Gangguan Pernapasan

• Penyalahgunaan narkoba juga dapat menyebabkan beragam permasalahan sistem pernapasan. Merokok, misalnya, sudah terbukti merupakan penyebab penyakit bronkhitis, emphysema, dan kanker paru-paru. Begitu pula dengan menghisap mariyuana yang bisa membawa dampak lebih parah lagi. Penggunaan sejumlah zat psikotropika juga dapat mengakibatkan lambatnya pernapasan, menghalangi udara segar memasuki paru-paru yang lebih buruk dari gejala asma.

Penyakit Nyeri Lambung

• Dari efek merugikan yang ditimbulkannya, beberapa kasus penyalahgunaan narkoba juga diketahui dapat menyebabkan mual dan muntah beberapa saat setelah dikonsumsi. Penggunaan kokain juga dapat mengakibatkan nyeri pada lambung.

Penyakit Kelumpuhan Otot

• Penggunaan steroid pada masa kecil dan masa remaja, menghasilkan hormon seksual melebihi tingkat sewajarnya, dan mengakibatkan pertumbuhan tulang terhenti lebih cepat dibanding saat normal. Sehingga tinggi badan tidak maksimal, bahkan cenderung pendek. Beberapa jenis narkoba juga dapat mengakibatkan kejang otot yang hebat, bahkan bisa berlanjut pada kelumpuhan otot.

Penyakit Gagal Ginjal

• Beberapa jenis narkoba juga dapat memicu kerusakan ginjal, bahkan menyebabkan gagal ginjal, baik secara langsung maupun tak langsung akibat kenaikan temperatur tubuh pada tingkat membahayakan sampai pada terhentinya kinerja otot tubuh.

Penyakit Neurologis

• Semua perilaku penyalahgunaan narkoba mendorong otak untuk memproduksi efek euforis. Bagaimanapun, beberapa jenis psikotropika juga memberikan dampak yang sangat negatif pada otak seperti stroke, dan kerusakan otak secara meluas yang dapat melumpuhkan segala aspek kehidupan pecandunya. Penggunaan narkoba juga dapat mengakibatkan perubahan fungsi otak, sehingga menimbulkan permasalahan ingatan, permasalahan konsentrasi, serta ketidakmampuan dalam pengambilan keputusan.

siswi korban narkoba

Penyakit Kelainan Mental

• Penyalahgunaan narkoba yang sudah sampai pada level kronis dapat mengakibatkan perubahan jangka panjang dalam sel-sel otak, yang mendorong terjadinya paranoia, depresi, agresi, dan halusinasi.

Penyakit Kelainan Hormon

• Penyalahgunaan narkoba dapat mengganggu produksi hormon di dalam tubuh secara normal, yang mengakibatkan kerusakan yang dapat dipulihkan sekaligus yang tidak dapat dipulihkan kembali. Semua perusakan ini meliputi kemandulan dan penyusutan testikel pada pria, sebagaimana juga efek maskulinisasi yang terjadi pada wanita.

Penyakit Kanker

• Merokok nikotin adalah penyebab kanker yang paling mungkin dicegah di Amerika Serikat. Aktifitas merokok nikotin ini biasa dihubungkan dengan penyakit kanker mulut, leher, lambung, dan paru-paru. Merokok mariyuana juga bisa mengakibatkan masuknya bakteri karsinogen ke dalam paru-paru, hingga merubah fungsi paru-paru di tahap pra-kanker.

Penyakit Gangguan Kehamilan

• Efek keseluruhan akibat ketergantungan narkoba terhadap kesehatan janin yang dikandung memang tidak diketahui. Namun, beberapa studi menunjukkan bahwa penyalahgunaan narkoba dapat menyebabkan kelahiran prematur, keguguran, penurunan berat bayi, serta berbagai permasalahan perilaku maupun kognitif pada bayi di kemudian hari.

Permasalahan Kesehatan Lainnya

• Sebagai tambahan dari berbagai penjelasan tentang penyakit yang ditimbulkan oleh penyalahgunaan narkoba di atas, perlu diketahui pula bahwa semua jenis narkoba tersebut memiliki potensi merubah fungsi tubuh secara keseluruhan. Termasuk diantaranya perubahan selera makan dan peningkatan suhu tubuh secara dramatis yang bisa melumpuhkan kesehatan dalam waktu singkat. Tidak cukup sampai disitu, zat psikotropika berpotensi menimbulkan kelelahan yang berkepanjangan, mengombang-ambingkan perasaan, kepenatan mendalam, perubahan selera makan, nyeri pada otot dan tulang, hilang ingatan, diare, keringat dingin, dan muntah-muntah.

About these ads

Entry filed under: Pengetahuan Umum. Tags: .

23 Komentar

  • 1. sains25  |  29 November 2009 pukul 12:35

    Tuliskan komentar kamu di sini.
    Untuk menghindari kesalahan, buatlah coret2an dikertas lebih dulu, setelah yakin benar baru tulis di sini.
    Syarat komentar:
    – minimal 25 kata
    – tidak boleh menyimpang dari tema artikel
    – dilarang mengcopy-paste isi artikel(nyontek 100%), harus asli dari pikiranmu
    – isi komentar tentang: tanggapan terhadap isi artikel, tanggapan terhadap komentar teman, saran-saran, pendapat kamu ttg narkoba.
    Komentar yg tidak memenuhi syarat akan dihapus dan kamu dianggap belum mengirim komentar!
    Komentar ditunggu paling lambat tgl 13 Desember 2009.

  • 2. jerry jelingga_8,6  |  2 Desember 2009 pukul 07:04

    SAY NO TO DRUGS

    sebaik nya engkau jangan pernah mencoba/menggunakan narkoba ……?

    karena narkoba/obat-obat terlarang yang bisa membuat hidup kita hancur & dapat mebuat lingkungan kita jadi tercemar “buruk”

    (bagi yang pemakai narkoba/obat-obat terlarang semoga agar dapat berhenti & agar tidak pernah mau mencoba nya lagi hingga tidak menyesal sehumur hidup kita)

  • 3. achmad faisal kurniawan  |  2 Desember 2009 pukul 07:35

    achmad faisal kurniawan_85

    asss.wr.wb

    say no to drugs
    narkoba adalah jalan kesesatan dlm kehidupan nyata,haram bagi umat islam.
    karena miras & narkoba,psikotrropika dapat menyebapkan menurunnya kesehatan sipemakai narkoba dan dapat menyebabkan kematian!!!!!!!!!!!
    dapat menghancurkan generasi penerus anak anak bangsa..

    (saya sebagai anak beriman ingin mengajak friendsif untuk menjauhkan barang barang haram tersebut,karena dengan adanya barang haram tersebut generasi generasi anak muda semakin banyak yang hancur dengan adanya pergaualan bebas dan adanya yang ingin tau kehidupan di luar sana yang menyebabkan adanya penyakit yang tidak ada obatnya seperti AIDS/HIV

  • 4. fatkhul ulum.8,6  |  3 Desember 2009 pukul 06:50

    *Sarana dan prasarana: karena orang tua memberikan fasilitas (uang) yang berlebihan, ini merupakan sebuah pemicu bagi anak untuk menyalahgunakan uang tersebut dengan membeli narkotika guna memuaskan rasa keingintahuan mereka.
    *Emosional dan mental : Pada masa-masa ini biasanya mereka ingin lepas dari segala aturan-aturan dari orang tua mereka. Dan akhirnya sebagai tempat pelarian yaitu dengan menggunakan narkotik, psikotropika dan minuman keras lainnya. Lemahnya mental seseorang akan lebih mudah dipengaruhi oleh perbuatan-perbuatan negatif yang akhirnya menjurus ke arah penggunaan narkotik, psikotropika dan minuman keras lainnya.
    • Merokok nikotin adalah penyebab kanker yang paling mungkin dicegah di Amerika Serikat. Aktifitas merokok nikotin ini biasa dihubungkan dengan penyakit kanker mulut, leher, lambung, dan paru-paru. Merokok mariyuana juga bisa mengakibatkan masuknya bakteri karsinogen ke dalam paru-paru, hingga merubah fungsi paru-paru di tahap pra-kanker.

    • 5. sains25  |  3 Desember 2009 pukul 17:48

      Komentarmu 100% mencopy-paste isi artikel dan akan dihapus. Cobalah gunakan dan olah dengan kata2mu sendiri . Lihat beberapa komentar temanmu yg sudah memenuhi syarat di sini.

  • 6. Muhammad rangga ramadhan (86)  |  3 Desember 2009 pukul 07:57

    Sebaiknya jangan menggunakan narkoba karna seharusnya obat itu untuk penenang (yang biasa di gunakan di rumah sakit).kalau berlebihan menggunakannya akan timbul ciri-cirinya yaitu:

    1.tingkah lakunya tidak dapat diterima oleh masyarakat sekelilingnya,bertindak semaunya sendiri,indisipliner,suka berdusta,membolos sekolah,terlambat bangun pagi,ingin selalu keluar rumah,menghabiskan makanan dirugah tanpa mengingat anggota keluarga lain.

    2.pada proses yang lebih tinggi kenakalan meningkat menjadi ingin mengambil barang berharga.

    3.merasa dirinya paling hebat,merasa kuat,dan sanggup melakukan semua hal.hal ini terjadi apabila penderita sudah memakai obat-obatan dengan dosis tinggi.

    4.saat efek obat-obatan terlarang mulai menurun penderita sering gelisah,merasa diancam,dikejar-kejar perasaan ingin bunuh diri atau membunuh orang lain.

    Itulah ciri-ciri orang yg menggunakan narkoba,oleh sebab itu janganlah menggunakannya.

    Sekian dari rangga terimakasih.
    Wassalamuallaikum.wr.wb

  • 7. efendi wijaya 8-6  |  3 Desember 2009 pukul 09:21

    kita itu tidak boleh memakai obat-obat terlarang seperti narkoba,karena narkoba dapat merusak kesehatan kita selain itu bisa mengakibatkan kematian ,,makanya itu sebagai pelajar kita harus mengatakan SAY NO TO DRUGS
    OKE….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • 8. arlan.sugian 8-5  |  3 Desember 2009 pukul 09:40

    sebaiknya kita tidak usah menggunakan narkoba karna narkoba bisa menyebabkan :

    1. gagal ginjal
    2. kanker
    3. kelainan mental
    4. kelainan hormon
    5. gangguan kehamilan
    6. nyeri lambung
    7.penyakit lambung
    8.dan lain lain

    seharusnya kita sebagi pelajar harus menjahui narkoba….

  • 9. jerry jelingga  |  4 Desember 2009 pukul 08:17

    Semua orang yakin dirinya tidak akan pernah menyalahgunakan narkoba. Namun kenyataannya, semua orang pernah menerima tawaran salah satu jenis narkoba. Penawaran terjadi dalam kehidupan sehari-hari, pada setiap waktu dan di setiap tempat. Awalnya menolak. Karena bujukan, ingin tahu, ingin mencoba, apalagi gratisan, akhirnya mau menerima, dan pemakaiannya berlanjut. Itu sebabnya orang tidak siap, ketika menghapdapi situasi penawaran narkoba. Orang harus terampil berkata ?tidak?. Jika tidak, meskipun tahu bahaya narkoba, belum tentu mampu menolaknya. Perlu sikap percaya diri, agar mampu menolak tekanan kelompok sebaya. a. Berkata ?tidak? dan ucapkan terima kasih. b. Berkata ?tidak? dan beri alasan yang jelas. c. Tetap berkata ?tidak?, walaupun dibujuk berkali-kali. d. Alihkan pembicaraan. e. Hindari tempat rawa pemakaian/peredaran narkoba. f. Perkuat jumlah kelompok anti-narkoba. Apa Yang Dapat Anda Lakukan? 1. Pelajari fakta tentang pengaruh narkoba, mengapa berbahaya. Informasikan kepada orang-orang lain. 2. Kenali situasi penawaran narkoba. Latih cara menolaknya secara tegas. 3. Dorong teman-teman untuk juga menolaknya. Perkuat kelompok anti-narkoba. Hormati dan taati mereka yang memiliki otoritas atas Anda (orang tua, guru, pemimpin, peraturan/undang-undang). 4. Bangun kehidupan berdisiplin. Tekuni apa yang anda kerjakan. Jadilah teladan dalam berdisiplin, tidak menggunakan narkoba, dan tidak merokok.

  • 10. muhamad rizki (8-6)  |  4 Desember 2009 pukul 08:31

    janganlah kamu mencoba atau menggunakan narkoba (narkotika) atau obat-obatan terlarang karna dapat mengganggu kesehatan tubuh kita dan dapat maencemari lingkungan kita menjadi “buruk” .

    bagi pecandu narkoba (narkotika) atau obat-obatan terlarang agar berhenti sebelum terlambat supaya tidak menyesal seumur hidup….

    SAY NO TO DRUGS

  • 11. ivan ramadani-86  |  5 Desember 2009 pukul 03:38

    narkoba yg bisa hidup kita hancur dan bikin lingkungan kita kita menjadi buruk dan bikin malu orang tua kita dan tanda-tanda penyalah gunkan narkoba yaitu santai dan lemas pengendalian diri menurun dan lain-lain

  • 12. izzah julaeha sholeha  |  5 Desember 2009 pukul 03:39

    ASSALAMIALAIKUM WR.WB
    Bagi seluruh umat manusia di haramkan bagi kamu untuk menggunakan narkoba. karena dapat merusak masa depan, nama baik keluarga,nama baik sekolah,dan dapat merusak tubuh kita sendiri. oleh karena itu, maka janganlah engkau mencoba-coba menggunakan narkoba atau psikotropika, akan menyebabkan hal -hal yang negatif. jika kamu menggunakan narkoba, maka kamu akan memakainya terus menerus (kecanduan). jika kamu sudah berjanji tidak akan menggulanginya lebih baik kamu melakukan hal-hal yang positif. penyebab dari kamu berbuat atau memakai narkoba karena kurangnya kasih sayang terhadap orang tua atau orang terdekat,salah pergaulan, salah memilih teman, kurangnya pelajaran ipa atau budipekerti.
    cukup sekian dari saya, dan terima kasih
    wassalamualaikum wr.wb

  • 13. dea angger-86  |  5 Desember 2009 pukul 03:59

    narkoba dapat merusak tubuh kita karena narkoba itu megandung bahan yang berbahaya bagi manusia. dan oleh karena itu kita tidak boleh menggunakan narkoba dan begitu juga memakai narkoba itu dilarang oleh agama.

  • 14. m.gilang.r-86  |  5 Desember 2009 pukul 04:19

    narkoba itu dapat merusak kehidupan manusia dan masadepan.karena narkoba dilarang oleh agama dan negara
    dan masih banyak yang memakai narkoba oleh karena itu bagi pengguna narkoba berhentilah sekarang. stop untuk narkoba

    by:m.gilang.r

  • 15. riski.s -86  |  5 Desember 2009 pukul 04:26

    narkoba dapat merusak bagi kesehatan kita karena narkoba itu mengandung bahan berbaaya bagi kesehatan. dan oleh karena itu kita tidak boleh menggunakan narkoba dan begitu juga memakai narkoba itu dilarang

    created by: riski saputra

  • 16. resta claudia  |  5 Desember 2009 pukul 04:34

    say no to drugs
    jauhi narkoba untuk generasi muda bangsa kita yang lebih baik ! narkoba sangat berbahaya bila di konsumsi dapat menyebabkan kematian yang fatal tau menyebabkan orang menjadi gilla
    oleh sebab itu berkata tidaklah kepada narkoba !

  • 17. jamaludin-86  |  5 Desember 2009 pukul 04:48

    jauhilah narkoba karena narkoba dapat merusak masa depan seseorang dan akan mengalami penyakit yang sangat berbahaya, dan juga narkoba itu dilarang oleh AGAMA. narkoba itu juga merusak hidup kita dan dapat merusak lingkungan kita menjadi buruk dan yang paling merasa malu adalah orang tua kita karena hidup kita sudah hancur karena memakai obat-obatan yang terlarang/narkoba. maka itu janganlah kamu sesekali mamakai narkoba/obat-obatan yang terlarang.

  • 18. murdianingsih  |  5 Desember 2009 pukul 07:10

    Bahwasanya narkoba sangat berbahaya bagi tubuh dan kesehatan kita karenabanyaknya zat-zat yang sangat berbahaya bagi tubuh kita dan bisa menyebabkan kematian bagi setiap pecandu.

  • 19. agung.perasetiya 8-6  |  5 Desember 2009 pukul 21:00

    jauhilahn narkoba krena narkoba dapat merusak masa depan seseorang dan akan mengalami panyakit yang berbahaya, dan juga narkoba itu dilarang oleh AGAMA dan kalao kita memakai narkoba kita akan bisa menyebabkan ke matiaan.Banyak orang2 yang memakai narkoba sampai saat ini dan banyak orang menigaal dunia

  • 20. anisa_yuniarti 85  |  5 Desember 2009 pukul 21:08

    ASS ..
    mau nyoba nyoba hanya unyuk kenikmatan sesaat ?
    ga usahhh deeeh !!
    mungkin memang bagi sbagian orang , narkoba itu bisa memberi kenikmatan tersendiri bagi pemakainya …
    tapi kalian harus faham sama akibat yg di timbulkan dari penyalahgunaan narkoba ..
    jangan pernah ngebiarin hidup kalian hancur karna narkoba !!
    jangan rusak nama baik KELUARGA dan SEKOLAH kliian !!
    sayangi masa REMAJA yg indah !!!
    buat para remaja , jgn prnah mau trjerumus sama obat-obatan terlarang yaa !
    cintai INDONESIA ..

  • 21. ulfa kurnia utami 8-6  |  6 Desember 2009 pukul 02:31

    Penyalahgunaan narkoba tidak hanya melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang, tetapi hal itu juga kerap dikaitkan dengan berbagai perilaku berbahaya seperti pemakaian jarum suntik secara bergantian, dan perilaku seks bebas. Kombinasi dari keduanya akan sangat berpotensi meningkatkan resiko tertular penyakit HIV/AIDS, hepatitis, dan beragam penyakit infeksi lainnya.
    maka dari itu kita tidak boleh menggunakan narkoba karna itu dapat merugikan diri kita sendiri.

  • 22. sandi_85  |  6 Desember 2009 pukul 06:31

    dari penjelasan di atas tersebut telah kita simpulkan bahwa setiap penggunaan narkotika akan berakhir negatif. pada dahulu kala arkotika digunakan sebagai oat ya dapat menghilangkan berbagai macam penyakit diantarannya adl
    – penghilang nyeri
    – pereda asma,dll
    namun saat ni narkotika telah disalah gunakkam dampak negatif dari narkotika sangat banyak di antara lain
    – ketergantungan bagi pemakainnya
    – hiv/aids
    – demam tinggi
    – bahkan sampai menjadi kematian
    oleh sebab itu jangan sampai kita mengkomsumsi barang haram tersebut
    “say no to druk”

  • 23. fiqih alfian_85  |  6 Desember 2009 pukul 19:00

    ASSALAMUALAIKUM WR.WB
    Sebaiknya kalian jangan menggunakan obat-obtan terlarang tersebut karna narkoba dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti:
    1.dapat meyebabkan ketrgantungan
    2.dapat menyebabkan kematian
    3.jantung koroner
    4.kanker paru-paru dll
    oleh karena itu jauhi narkoba!!!!! dan jangan pernah sekali-kali mencoba narkoba.”KATAKAN TIDAK PADA NARKOBA”!!!!!
    dan jangan rusak masa remaja kalian!!!!
    “SAY NO TO DRUGS”
    WASSALAMMUALAIKUM WR. WB.


Galleri

Kalender 2009

November 2009
M S S R K J S
     
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Profil


Blog pembelajaran IPA Sekolah (SAINS)


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: